Home » » Penjelasan Lengkap Tentang Black Hole

Penjelasan Lengkap Tentang Black Hole

Penjelasan Black Hole dan Super Massive Black Hole, Sejarah, dan Teori Terkait Lainnya

  • Black hole
Pada awalnya manusia menganggap bahwa teori "Black Hole" (lubang hitam) hanyalah sebatas fiksi ilmiah saja. Namun, karena perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, Black Hole kini dapat dibuktikan keberadaannya. Dengan menggunakan teleskop canggih, para ilmuwan semakin gencar melakukan berbagai penelitian mengenai benda luar angkasa tersebut. Dan, berikut ulasannya


Penjelasan Black Hole
Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke 18 oleh John Michell dan Pierre Simon Laplace. Selanjutnya pada tahun 1916 teori itu dikembangkan lagi oleh astronot asal Jerman bernama Karl Schwarzschild (ribet amat namanya -_-) dengan menggunakan relativitas umum Einstein.

Istilah lubang hitam semakin ramai di masyarakat setelah John Archibald Wheeler menggunakan istilah tersebut pada ceramah-ceramahnya tahun 1967. Walaupun dia dianggap luas sebagai pencetus istilah ini namun, ia selalu menampik pernyataan-pernyataan itu.

Lubang hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Banyak obyek (termasuk bumi & matahari) tidak akan pernah menjadi lubang hitam karena tekanan gravitasinya tidak cukup untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya sendiri.

Lubang hitam diartikan sebagai sebuah pemusatan massa yang besar, sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apapun lolos darinya, kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Tidak ada sesuatu (termasuk radiasi elektromagnetik) yang dapat lolos dari gravitasinya. Bahkan, cahaya pun juga tak dapat melewatinya, begitu cahaya masuk di area gravitasinya, ia hanya akan terserap dan tak dapat keluar. Secara teoritis, lubang hitam dapat memiliki ukuran apapun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam semesta yang dapat kita amati. Intinye, black hole itu menyerap segala benda baik organik maupun tidak, dengan tekanan gravitasinya yang besar tersebut.

Black Hole Menghisap Bintang
Black Hole menghisap Bintang

  • Super massive black hole
Milky Way

Super massive black hole adalah black hole dengan densitas berkali kali lipat dari blackhole biasa. Dengan densitas kepadatan yang amat sangat luar biasa maka akan menimbukan gaya gravitasi yang amat sangat luar biasa juga.
Black hole "istimewa" ini diperkirakan memiliki diameter lebih dari 1000 kali matahari kita dan mempunyai gravitasi sejuta kali dari matahari kita.
lalu, apakah black hole semacam ini ada ?? jawabannya sudah jelas, mereka ada dan kita tidak usah mencari lebih jauh lagi selain di galaksi kita sendiri. yeah, super massive black hole merupakan inti dari setiap galaksi yang ada di alam semesta. ini juga menjawab pertanyaan kita selama ini, "jika bulan mengelilingi bumi bersamaan dengan bumi mengelilingi matahari, maka matahari mengelilingi siapa ?" jawabannya adalah super massive black hole. Dan asal kita tahu, angkasa raya ini memiliki milyaran galaksi dan diperkirakan akan terus bertambah, jadi betapa betapa banyaknya black hole di jagad raya ini.

Sekian

Tunggu, kalau misalnya black hole ini menyerap benda dan benda itu tak dapat kembali lagi, lalu kemana perginya benda-benda itu? -_- jawaban pertanyaannya ada >> disini

yang ini benar-benar
Sekian

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2014 Streaming Film Bioskop Gratis
Download Blogger Templates